Sabtu, 21 Maret 2015

5 Langkah gampang ganti popok bayi dirumah

Untuk beberapa orang, ganti popok bayi tidaklah pekerjaan gampang. Walau saat ini telah ada popok bayi sekali gunakan yang relatif praktis pemakaianya, tak seluruhnya bapak bunda terasa nyaman ketika ganti popok bayi mereka. Terlebih ketika si kecil agak rewel, tidak ingin diam, atau menggaruk sisi pantat yang belum di bersihkan hingga ‘poop’ nya kemana-mana, uuh.. dapat bikin bapak bunda sedikit stress ya.

Jadi bagaimanakah sesungguhnya langkah ganti popok bayi dengan cara efisien serta bersih tanpa ada mesti menebarkan bakteri yang ada pada ‘poop’ si kecil? Tersebut disini sebagian panduan gampang dalam ganti popok bayi dirumah bapak bunda.


1. Tentukan tempat yang pas. Usahakan untuk pilih satu tempat untuk ganti popok bayi, tak mesti di kamar mandi, di kamar si kecil juga tidak jadi masalah. Membatasi tempat untuk ganti popok bisa membatasi kemungkinan penyebaran kuman penyakit yang datang dari ‘poop’si kecil. Bila bapak bunda mempunyai tempat strategis di kamarmandi yang dapat dipakai untuk ganti popok bayi, itu bakal semakin bagus lagi.

2. Siapkan segalanya yang dibutuhkan untuk ganti popok bayi. Air hangat, matras, popok penganti, kantong plastik untuk popok kotor, perlak, handuk, serta kapas bola. Bila punya kebiasaan memakai minyak telon, atau baby oil, siapkan juga supaya gampang dipakai.

3. Yakinkan bayi selesai ‘poop’ nya saat sebelum dibikin bersih. Bila bayi menangis tenangkan lewat cara menyeka perutnya dengan lembut, bisa juga disartai dengan memakai minyak telon.

4. Bersihkan sisa-sisa ‘poop’ yang melekat pada pantat bayi memakai kapas basah sekali gunakan. Ubah kapas dengan yang baru setiap saat dipakai. Buang sisa kapas kedalam kantong plastik atau tempat sampah tertutup. Untuk bayi wanita, bersihkan sisi peka dari depan kebelakang untuk hindari infeksi saluran kencing. Alasi bayi memakai matras tahan air serta perlak kain fanel untuk hindari air seni bila si bayi pipis ketika pergantian popok.

5. Gulung popok kotor dengan hati-hati, input kedalam pelastik untuk dibuang. Bila bunda memakai popok kain, letakkan popok kotor di dalam tempat tertutup dikamar mandi saat sebelum di bersihkan kembali. Yakinkan pantat si kecil bersih, keringkan sisa-sisa air memakai handuk lembut. Bunda dapat mengulaskan baby oil atau lotion spesial bayi saat sebelum penggunaan popok baru untuk kurangi kemungkinan lecet pada kulit bayi.
Demikian 5 cara mengganti popok bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar