Air Tanah dan Manfaatnya
rafting kampung singkur

Air Tanah dan Manfaatnya

Banyak khasiat air tanah untuk kehidupan makhluk hidup. Tidak cuma manusia yang memakai air tanah, namun juga tumbuhan serta hewan. Untuk manusia air tanah umum dipakai untuk penuhi keperluan sehari- hari, umpamanya untuk mandi, air minum, dsb. Air tanah adalah sumber air minum paling utama untuk orang-orang Indonesia. Tumbuhan juga begitu membutuhkan air tanah, lantaran air berada didalam tanah, serta tumbuhan begitu tergantung pada air tanah.


Hewan spesifik juga bergantung pada air tanah. Tidak sedikit hewan yang hidup dalam tanah, yang keberlangsungan hidupnya tidak terlepas dari peran air tanah. Menyusutnya air tanah mengakibatkan banyak tanah kekeringan, hingga tanaman tidak bisa tumbuh, serta banyak hewan yang hidup didalam tanah bakal mati. Disamping itu manusia juga kesusahan mencari air untuk keperluan hidupnya, terlebih untuk minum memasak, mandi, serta membersihkan. Oleh karenanya kita mesti melindungi air tanah supaya tetaplah lestari serta tak tercemar oleh beberapa bahan kimia seperti minyak, bensin, oli, serta lain sebagainya. Khasiat air tanah diantaranya seperti berikut :

  • Keperluan rumah tangga, yakni untuk mandi, membersihkan, memasak, serta air minum.
  • Irigasi, yakni sumber air untuk pertanian, umpamanya sumur bordi daerah Indramayu, Jawa Barat.
  • Perindustrian, yakni digunakan sebagai sumber air industri, umpamanya industri tekstil digunakan untuk pencelupan, industri kulit untuk bersihkan kulit, dan sebagainya.
  • Adalah sisi yang utama dalam siklus hidrologi, sediakan kebutuhatan air untuk hewan serta tumbuh-tumbuhan, serta adalah persediaan air bersih dengan cara alami.
  • Di satu diantara pedukuhan kecil lokasi karst Gombong Selatan, sungai bawah tanah dipakai sebagai sumber pembangkit listrik dengan distribusi pembagian jumlah daya yang mereka kelola sendiri. Walau di Kecamatannya sendiri belum teraliri listrik dari PLN.
  • Sebagai laboratorium alam, sungai bawah tanah mempunyai biota, system hidrologi serta unsur lain yang khusus. Beragam pengetahuan yang menyangkut biota, gua beserta lingkungannya, genesa gua serta lain sebagainya ada satu unifikasi pengetahuan yakni speleologi.
  • Untuk wisata umum, di Kalimantan Selatan ada dua buah gua yang bisa dilayari yang mulai diperkembang sebagai tempat wisata.
  • Wisata ketertarikan spesial, untuk pengagum kegiatanalam bebas (caving, cave diving, black water rafting). Beragam jenis keadaan yang multi komplek cukup menantang untuk pengagum aktivitas alam bebas. Sekarang ini perubahan aktivitas caving serta aktivitas alam lain yang terkait banyak dikerjakan di Indonesia ataupun diluar negeri. http://adanin.blogspot.co.id/
rafting kampung singkur